Rabu, 16 Maret 2011

Kenapa Kita Gelisah ???

Kita sebagai manusia mungkin sangat sering merasa gelisah, itu disebabkan karena tekanan yang kita hadapi baik dalam dunia kerja maupun dunia percintaan,kuliah keluarga, ini semua bisa menyebabkan kegelisahan buat kita.

saya sedikit mengutip dari koran Kompas :


Manusia gelisah karena takut. Gelisah sendiri sebenarnya perasaan yang normal selama masih dalam batas-batas yang bisa dimaklumi. Dalam hidupnya banyak sekali ketakutan-ketakutan manusia, maka itu kita perlu menyiapkan diri dalam menghadapinya. Contohnya seorang atlet yg gelisah saat menjelang hari perlombaannya (takut akan kekalahan), orang kaya yg gelisah setiap berpergian (takut dirampok), usahawan yg gelisah saat menandatangani kontrak kerjasama (takut ditipu rekan bisnis).

Itulah fenomena dan realitas kehidupan umumnya manusia. Sebenarnya kegelisahan itu tidak hanya disebabkan oleh faktor ekonomi atau materi. Buktinya tidak sedikit orang yang melimpah hartanya, punya jabatan, popularitasnya cukup ternama, mereka juga sering mengalami kegelisahan. Bahkan cenderung meningkat pada stress. Dari ringkasan jawaban saya nampak jelas bahwa faktor utama kegelisahan bukan karena faktor ekonomi dan materi, tetapi ada faktor lain yang menjadi penyebab utamanya. Sebenarnya berawal dari mencintai sesuatu kemudian sesuatu itu hilang atau merasa takut hilang.

Kegelisahan kadang seolah-olah disebabkan tingkat/ jumlah materi yang kita dapat atau kita miliki, tetapi sebenarnya kegelisahan dan ketenangan dapat tercipta dengan bagaimana kita menikmati atau mensyukuri apa yang kita dapatkan dan kita miliki, jika kita dapat menikmati hidup dengan apa yang kita miliki pasti kegelisahan tidak akan terjadi, rasa mensyukuri juga akan menghilangkan rasa ambisi yang intinya akan selalu membuat kita gelisah, jadi dengan rasa menikmati dan mensyukuri yang kita miliki nggak kan ada lagi kegelisahan di diri kita, yakinlah itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar